Monday, May 30, 2011

Ornamen | Sofa

Memilih Sofa Untuk Ruang Keluarga

oleh Kevin
SOFA telah menjadi perabot wajib dalam rumah kita. Bahkan, ada kalnya sofa menjadi kasur kedua untul membaringkan badan. Bentuknya yang cenderung besar dengan bahan yang empuk, amat pas untuk melepas lelah atau bermalas-malasan.
Di toko mebel, beragam bentuk sofa ditawarkan. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Semuanya serba menarik untuk dibawa pulang. Namun, sebaiknya jangan emosional, sebelum kita memastikan tempat untuk meletakkan sofa tersebut di rumah.

Bila kita berencana mengubah tata letak ruang keluarga di rumah, pikirkan pula posisi sofa yang hendak dibeli. Alasannya sederhana saja, misalnya agar kesan aneh tak muncul di ruang keluarga hanya karean kita meletakkan sofa yang terlalu kecil dalam ruangan yang besar. Meski hal itu boleh-boleh saja.
Ruang keluarga sejatinya menjadi tempat yang menyenangkan ketika setiap orang yng datang di ruang ini dapat bersantai, bergurau, dan menikmati hiburan. Bila ruang keluarga cenderung digunakan setiap hari, kenyamanannya harus dihadirkan melalui perabotan. Tidak sulit, cukup menyediakan sebuah sofa yang empuk dan nyaman.

Sofa yang dipilih hendaknya enak saat menjadi batntalan duduk ketika kita menonton televisi atau sekadar rebahan ringan. Sebab itu, bentuknya harus ergonomis, pas dengan ukuran profil badan penggunanya.

Kain pelapisnya bisa kita pilih yang myaman di kulit dan memiliki daya tahan tinggi supaya kain sofa tidak cepat rusak. Tentang tingkat kekenyalan sofa tergantung selera kita.

Di toko meubel, ada beragam sofa empuk yang berbeda-beda. Ada yang sangat empuk, sehingga membuat orang yang duduk di atasnya serasa "tenggelam" di dalam sofa. Ada yang sekaadar empuk dan ada pula yang sama sekali tak empuk.

Ketika melihat-lihat di toko dan tertarik dengan modelnya, kita bisa mencoba duduk di atasnya. Kalau rasanya pas, barulah kita bertanya tentang spesifikasinya, seperti ukuran, bahan, kekuatan, dan harganya.

Akan lebih baik bila kita mengajak beberapa anggota keluarga untuk ikut memilih sofa. Sebab, merekalah yang akan menjadi "penunggu" sofa ini setelah sampai di rumah.

No comments:

Post a Comment