Thursday, June 16, 2011

Ornamen | Ruangan

Ciptakan Memori Keharuman Di Ruangan

Oleh Kevin



PERNAHKAH anda merasakan beda “hawa” antara rumah satu dengan yang lain? Nah, hal ini ternyata dipengaruhi beberapa hal yang terkadang luput diperhatikan.

Sebagai salah satu tempat utama bersantai, beristirahat, dan bercengkerama dengan keluarga, aroma rumah sebaknya senantiasa wangi dan menenangkan. Apabila kondisi rumah lembab dan berbau tidak enak, dijamin keluarga anda tidak betah berlama-lama mengahbiskan waktu bersama. Oleh karena itu, agar ruangan selalu segar sekaligus sehat, perhatikan tip berikut ini:

Kondisi Ventilasi Udara

Anda harus selalu mematikan bahwa jendela di rumah terbuka setiap pagi minimal 20 menit. Hal tersebut memungkinkan udara segar masuk ke dalam rumah menggatikan udara kotor.

Sampah

Segera buang sampah di dalam rumah, terutama sampah sisa makanan dan sampah berbau menyengat lainnya. Jika tempat sampah masih menyebarkan aroma tidak sedap, ambil dan sebarkan secara merata abu gosok ke dalamnya.

Gunakan Pewangi Rumah Alami

Sekarang ini banyak tersedia pewangi rumah, tetapi kebanyakan tidak alami. Padahal, ala mini menyediakan berbagai sumber wangi yang murah dan mudah didapatkan.

Pertana, tanam berbagai macam bunga yang menimbulkan wewangian di halam rumah. Contohnya, bunga mawar, melati, kaca piring, kemuning, kenanga, dan sedap malam. Usahkan menanam bunga di dekat pintu atau jendela agar aroma wanginya bisa masuk ke dalam rumah. Saat bunga-bunga itu bermekaran pada musimnya, anda sekeluarga akan menghirup wewangian istimewa permberian alam. Dan juga bisa memetik beberapa helai bunga untuk ditaruh di dalam rumah.

Kedua, manfaatkan bumbu dapur yang tersedia di lemari penyimpanan anda. Ada berbagai macam cara menggunakan bumbu tersebut yang bisa anda deapatkan melalui berbagai median dan internet. Beberapa diantaranya, untuk dapur, tebarkan serbuk kayu manis pada tatakan kompor atau sangria serbuk kayu manis tersebut sehingga wanginya akan bertahan selama beberapa hari.

Sementara untuk dalam ruangan, anda bisa memakai daun pandan yang telah dirajang, cengkih, dan kayu manis ke ddalam wadah khusus untuk diletakkan di ruang yang diinginkan (usahakan dekat dengan pendingin rumah). Atau baker jeruk nipis dan teteskan perasan airnya ke dalam wadah lilin. Unsur aroma dapat mengundang berbagai kesan akan sebuan ruangan, maka ciptakanlah memori keharuman tak terlupakan di rumah anda.




No comments:

Post a Comment